CARA MEMILIH ALPUKAT MATANG DENGAN KUALITAS YANG BAIK

CARA MEMILIH ALPUKAT MATANG DENGAN KUALITAS YANG BAIK

Alpukat merupakan buah yang banyak digemari orang. Alpukat memiliki rasa yang sangat khas. Teksturnya lembut dan legit saat masuk ke mulut membuat orang-orang ketagihan memakan buah yang satu ini. Alpukat yang matang dan berkualitas baik mempunyai rasa yang manis-manis gurih. Alpukat merupakan buah yang sangat bernutrisi. Didalamnya mengandung beberapa vitamin dan mineral yang cukup banyak. Yang antara lain vitamin C, vitamin K, folat, kalium, vitamin e zat besi, dan juga vitamin B6. Zat-zat nutrisi tersebut dapat membantu menangani peradangan. Buah alpukat bila dikonsumsi tidak menggunakan campuran apapun dapat membantu proses diet. Karena buah alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga bagi kamu yang sedang diet bisa banget mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Tips Mendapatkan Alpukat Matang Berkualitas Baik

Tentunya saat mengkonsumsi segala hal kamu menginginkan yang terbaik bukan? Jika kamu ingin mendapatkan buah alpukat yang rasanya enak tentunya kamu harus memilih jenis alpukat yang matang dan berkualitas baik. Nah untuk itu bagi kamu yang belum bisa mengetahui ciri-ciri alpukat berkualitas baik seperti apa. Kamu bisa menemukan informasinya di bawah ini.

  • Berdasarkan warna kulit buah alpukat

Warna alpukat yang matang dan berkualitas baik adalah hijau gelap atau hijau tua hampir berwarna hitam. Jika kamu menemui warna alpukat yang berwarna hijau terang. Kemungkinan beras alpukat itu belum mencapai kematangan. Untuk itu sebelum membeli alpukat pilihlah warna yang hijau tua kehitaman.

  • Tarik batangnya

Kamu juga dapat memilih alpukat dengan cara menarik sedikit batang yang terdapat di ujung alpukat itu. Hal ini dilakukan untuk memeriksa warnanya, apabila alpukat tersebut sudah bwearna sampai kecoklatan maka menandakan alpukat tersebut sudah terlalu matang. Sedangkan jika warna alpukat tersebut setelah di tarik batang nya memperlihatkan warna hijau tua menandakan bahwa alpukat tersebut sedang nikmat-nikmatnya untuk dikonsumsi. Dan apabila warna buah alpukat tersebut saat ujung batangnya ditarik berwarna hijau terang. Maka itu berarti alpukat tersebut belum matang.

  • Tekstur ketika di tekan

Saat memilih alpukat kamu harus menekan buah tersebut menggunakan ujung jari. Jika saat di tekan alpukat tersebut terlalu lembek atau lunak maka menandakan alpukat tersebut sudah terlalu matang. Sedangkan jika di tekan alpukat tersebut masih keras berate alpukat tersebut masih mentah. Dan buah alpukat yang baik untuk dikonsumsi adalah buah yang jika ditekan sudah lunak namun tidak lembek.

  • Berdasarkan biji buahnya

Buah alpukat dapat dikenali kematangannya dari bijinya. Buah alpukat yang sudah matang bijinya akan mudah terlepas dari daging buah alpukat itu. Sedangkan biji alpukat yang sudah di lepas dari dagingnya menandakan bahwa buah tersebut belum mencapai tingkat kematangan. Nah kamu bisa memeriksanya dengan cara menggerakkan buah tersebut di samping telinga. Dan jika terdengan bunyi  klotok klotok maka itu menandakan biji alpukat mudah terlepas atau sudah terlepas.

  • Berdasarkan warna daging

Terakhir kamu dapat menentukan buah alpukat itu berkualitas baik atau tidak dengan cara melihat daging dari alpukat tersebut. Buah alpukat yang matang akan memiliki daging yang lembut dan berwarna kuning bersih. Sedangkan jika kamu menemui daging alpukat yang terdapat banyak serat hitamnya itu menandakan bahwa buah terlalu matang. Dan jika terlalu putih menandakan buah belum matang.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close