JARANG DIKETAHUI CABAI RAWIT BERMANFAAT UNTUK KULIT

Cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai rasa pedas dan ternyata cabe kaya akan manfaat. Cabai atau nama ilmiah capsicum annuum yang masih satu keluarga dengan paprika dan tomat. Cabai memiliki ukuran, warna, dan jenis berbeda seperti, cabe merah, cabai keriting atau cabai rawit. Cabai rawit dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut, dan bibir. Rasa pedas yang terdapat pada cabai rawit merupakan senyawa pedas capsaicin. Selain menjadi penyedap rasa makanan ternyata cabai rawit juga dapat memberi manfaat kecantikan alami. Meski bermanfaat untuk kesehatan, cabe rawit dikonsumsi sesuai porsi nya. Jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik karena akan berakibat buruk bagi kesehatan, seperti sakit perut hingga diare.

Kandungan Nutrisi Cabai Rawit

Cabai rawit memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut, beberapa jenis kandungan nutrisi cabai rawit, diantaranya;

  • Vitamin C

Vitamin C sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 pada cabai rawit ini berperan penting dalam metabolisme tubuh.

  • Vitamin K6

Vitamin K6 berfungsi sebagai pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang dan ginjal.

  • Potassium

Dapat menurunkan resiko penyakit jantung

  • Copper

Elemen sisa antioksidan yang berfungsi untuk kesehatan neuron dan kekuatan tulang

  • Beta karoten

Beta karoten dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A

  • Carotenoids antioksidan

Berfungsi untuk berbagai jenis kesehatan

  • Capsanthin

Jenis carotenoids paling utama di cabe merah dan lebih dari 50% total carotenoids dalam cabai bermanfaat untuk mencegah kanker.

  • Violaxanthin

Carotenoids antioksidan paling umum terdapat pada cabai kuning di indonesia (jarang ditemui)

  • Capsaicin

Berfungsi memberikan rasa panas, dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti gangguan serabut saraf, rasa sakit akibat radang sendi, psoriasis, dan neuron diabetes.

  • Synaptic aid

Merupakan antioksidan dan dapat berfungsi sebagai anti kanker

  • Ferulic acid

Yaitu antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kronis

Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Kulit

 

  1. Mencegah jerawat

Cabai rawit dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C dan E pada cabai rawit yang cukup tinggi sehingga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

  1. Melawan radikal bebas

Antioksidan pada kandungan cabai rawit dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Dapat menyebabkan penuaan, kerutan, hingga terjadi iritasi. Selain itu kandungan Vitamin C pada cabai akan meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. Hal tersebut dapat menjaga kesehatan kulit.

  1. Mencegah penuaan

Cabai rawit dapat mencegah penuaan dan berperan sebagai antiaging. Hal ini karena kandungan dalam cabai rawit yaitu vitamin E akan membantu meregenerasi sel-sel kulit mati. Sehingga perawatan secara alami ini akan membuat kulit cantik dan awet muda.

  1. Mengatasi noda kulit

Mengonsumsi cabai rawit secara rutin dapat membantu mengatasi noda bekas jerawat atau ruam pada kulit. Hal ini disebabkan karena cabai memilki kandungan zat yang dikenal dengan fitonutrien yang berperan aktif untuk perlindungan tubuh.

  1. Rambut berkilau

Cabai rawit juga ampuh membuat rambut lebih bercahaya. Adapun caranya cukup mencampurkan 2 sendok cabai rawit yang sudah di blender dengan 2 cangkir minyak zaitun. Diamkan campuran tersebut selama 2 minggu kemudian baru di aplikasikan ke rambut. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan rambut menggunakan sampo hingga bersih.

  1. Bibir sehat

Cara alami yaitu dengan mengandalkan cabai rawit. Caranya mudah cukup mencampur 1 sendok teh kayu manis. 1 sendok the cabai rawit yang sudah dihaluskan dan potongan beeswax atau lilin lebah murni.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close